Nutrisi

Jangan Pernah Lupakan Asupan Vitamin C

Thursday, 24 May 2018

Vitamin C tak hanya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lebih dari itu, vitamin C juga berguna untuk mengatasi kelelahan sampai memperbaiki mood.

Manfaat vitamin C memang tak perlu diragukan lagi. Sebab selain dapat membantu penyerapan zat besi dan membentuk serta meningkatkan sistem imun tubuh, vitamin ini juga memiliki banyak manfaat lain. Diantaranya adalah dapat digunakan untuk membantu mengatasi efek kelelahan, serta mengembalikan efek kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Penelitian menyebutkan, asupan vitamin C yang cukup juga bisa mengurangi risiko hipertensi. Para ahli bahkan menemukan bahwa vitamin C dapat membantu pelebaran pembuluh darah. Di samping itu, berbagai studi juga menunjukkan dengan mengonsumsi vitamin C, maka dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, dan usus besar. Jenis vitamin yang satu ini juga disebut-sebut bisa memperbaiki mood.

Lalu, berapa banyak setiap harinya kebutuhan tubuh akan vitamin C? Rata-rata para ahli menyarankan antara sekitar 60 hingga 70 mg perhari. Ada juga yang menyebutkan angka 500 mg perhari. Meski bervariasi, namun hampir semua menyarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin C lebih dari 1.000 mg perhari.

Journal of the American Medical Association (JAMA) menyebutkan, tubuh manusia hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya. Itu sebabnya, jika mengonsumsi lebih akan sia-sia bahkan bisa menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan hingga terbentuknya batu ginjal.

Berikut beberapa buah dan sayuran (selain jeruk) yang mengandung vitamin C tinggi.

1. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah ajaib yang bisa memberi manfaat kesehatan bagi anak-anak. Kandungan vitamin C nya bisa melindungi dari kemungkinan gejala penyakit kulit yang biasa disebut kudis, membantu mengontrol kolestrol jahat pada anak, meningkatkan kesehatan otak dan membantu menjaga kesehatan mata. Buah dengan tampilan cantik dan berwarna merah ini, setiap 100 gram mengandung 58,8 mg vitamin C.

2. Nanas

Buah yang satu ini disebut-sebut kayak kandungan vitamin C. Selain itu juga mengandung kalium, magnesium, mangan, B6, thiamin, hingga beta karoten. Selain meningkatkan imunitas tubuh, nanas juga membantu mencegah tekanan darah tinggi, pembekuan darah, mencegah kanker tenggorokan, mulut, dan payudara. Kita beruntung, karena di Indonesia buah yang satu ini mudah didapat dan tak mengenal musim.

3. Pepaya

Pepaya tenyata masuk kategori buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain itu mengandung vitamin B, karoten, flavonoid, asam folat, magnesium, dan sebagainya. Pepaya baik untuk kesehatan jantung, mencegah oksidasi kolestrol, dan baik untuk pencernaan. Pepaya juga bisa membantu menyeimbangkan suhu tubuh.

4. Mangga

Mangga menjadi salah satu buah yang paling banyak penggemar di dunia. Buah ini mengandung vitamin C tinggi dan 20 jenis vitamin serta mineral lainnya. Mangga disebut-sebut sebagai salah satu pengganti karbohidrat yang baik dan dapat membantu menurunkan obesitas. Kandungan vitaminnya bisa menyehatkan kulit dan rambut.

Sebuah penelitian menguji ekstrak mangga polifenol pada usus besar, payudara, paru-paru, leukemia, dan jaringan kanker prostat. Mangga terbukti memiliki dampak pada semua kanker, namun paling efektif bekerja pada kanker payudara dan usus besar.

5. Brokoli

Brokoli salah satu sayur yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin K, zat besi, dan protein. Jenis sayuran ini akan lebih bermanfaat jika dikonsumsi dengan cara mengukus sebentar. Brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. 45 gram konsumsi brokoli sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin harian. Brokoli juga membantu proses pembekuan darah dan juga membantu membentuk kesehatan tulang.

LATEST TOP NEWS