Nutrisi

Bahan Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh Si Kecil

Wednesday, 30 November 2016

Pergantian musim kerap membuat tubuh sang buah hati rentan terserang berbagai penyakit.  Untuk mengatasinya, beri aneka makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Apa saja?

Madu

Madu memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Diantaranya adalah asam amino yang berperan penting dalam pembentukan protein. Sementara protein itu sendiri merupakan salah satu nutrisi pembangun imunitas atau kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Beberapa penyakit infeksi dari berbagai patogen yang dapat “disembuhkan” dan dihambat dengan mengkonsumsi madu secara teratur antara lain adalah penyakit lambung dan saluran pencernaanan, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), batuk serta  demam.

Namun jangan sekali-kali memberikan madu kepada anak dibawah usia 1 tahun. Sebab saluran pencernaan bayi di bawah usia 1 tahun belum sempurna untuk menangkis racun dari bakteri Clostrium Botulinum yang terkadang ada di dalam madu.

Telur
Telur kaya akan protein sehingga sangat baik untuk sistem imunitas tubuh. Telur juga mengandung beberapa vitamin, yang berguna untuk membasmi penyakit

Sari Kacang Kedelai

Menurut sejumlah penelitian, sari kacang kedelai atau sering disebut dengan susu kedelai sangat berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak serta penambah imunitas tubuh. Mengapa? Sebab dalam sari kacang kedelai terdapat berbagai nutrisi yang dibutuhkan  oleh tubuh.

Sari kacang kedelai juga mengandung  ikatan asam amino, vitamin dan beberapa zat gizi lainnya yang akan membentuk flavonoid yaitu sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Secara ilmiah, flavonoid terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan, salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai adalah isoflavon yang terbukti ampuh meningkatkan sistem imunitas.

Minyak Ikan

Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu perkembangan otak pada anak.

Daging

Selain baik untuk pertumbuhan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Daging juga kaya akan zink, yaitu salah satu elemen yang sangat penting untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih dalam tubuh. Dengan tercukupinya sel darah putih, maka akan membantu kita untuk melawan penyakit.

Buah-buahan

Di pergantian musim, pilihlah buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, dan lemon. Sebab vitamin C sangat penting peranannya dalam tubuh karena mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, buah alpukat juga bisa dijadikan pilihan. Karena disamping mengandung vitamin B1, C, dan A,  buah yang satu ini juga dapat membantu membersihkan sistem pencernaan secara natural. Dengan sistem pencernaan yang bersih, otomatis  nutrisi yang dapat diserap lebih maksimal. Sehingga kekebalan tubuh pun akan ikut meningkat.

Sayuran hijau

Tak hanya kaya akan zat nutrisi dan serat, kandungan fitonutrient, zink,  dan zat antioksidan pada sayuran hijau sudah terbukti secara ilmiah mampu mengoptimalkan kekebalan tubuh si kecil.

Minyak Zaitun

Beberapa nutrisi penting yang ditemukan pada ASI juga terkandung dalam minyak zaitun. Itu sebabnya minyak yang dibuat dari perasan buah zaitun ini baik untuk meningkatkan imunitas.

LATEST TOP NEWS