Kuliner

Vannamae, Oase Di Tengah Keriuhan Kota

Monday, 29 February 2016

Di tempat ini, tak hanya makanan lezat yang bisa didapat. Tapi juga pemandangan indah sekaligus hiburan untuk si kecil.

Jika ingin lari sejenak dari keriuhan kota, cobalah sesekali mampir ke Resor Tanjung Pasir. Lokasinya tak jauh dari Jakarta, tepatnya di Kecamatan Teluk Naga, Tangerang. Dari Bandara Soekarno Hatta, resor yang dibangun dekat pantai ini bisa dicapai dengan berkendara kurang lebih 15 menit perjalanan.

Meski tidak sebesar dan seterkenal Ancol, Resor Tanjung Pasir tetap patut dikunjungi. Pasalnya, di dalam resor seluas 41 hektar ini, ada berbagai hiburan menarik untuk keluarga. Bagi yang senang memancing misalnya, silahkan menyalurkan hobinya di berbagai area tambak yang sudah disediakan. Sementara untuk si kecil, selain bisa berlari-lari bebas di udara terbuka, mereka juga bisa berenang atau bermain sepeda air.

Asyiknya lagi, resor ini memiliki pemandangan khas pantai yang menakjubkan. Ditambah dengan kehadiran Vannamae Restoran, yang siap menyajikan berbagai makanan lezat sekaligus segar. Dengan kapasitas sekitar 100 orang, Vannamae tak hanya sekedar tempat untuk mengisi perut, tapi juga untuk menyegarkan mata.

Keindahan yang Memesona

Vannamae Restoran merupakan sebuah tempat makan yang dibangun di atas tambak dengan konsep ruangan terbuka. Dalam menunya, berbagai masakan khas nusantara serta seafood tersedia. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 6.500,- untuk sambal terasi, sampai yang termahal Rp 180.000,- untuk seporsi kepiting lada hitam, saus padang, saus tiram atau bakar dengan saus spesial.

Sebagai makanan pembuka, bisa dipilih siomay, tahu kipas atau lumpia ayam. Sementara untuk minumannya ada berbagai juice, kopi, teh, juga kelapa muda.

Kala ditanya masakan apa yang menjadi menu andalan dari restoran ini, dengan sigap petugas yang melayani akan menyebutkan bandeng, terutama yang dimasak dengan kuah woku pedas. Di samping itu, ada pula bandeng yang di goreng, di bakar ataupun di masak dengan cabe rica. Semuanya dibandrol dengan harga di bawah Rp 100.000,- dan cukup dikonsumsi 4 orang.

Untuk menemani seporsi bandeng, pengunjung bisa memesan aneka jenis lauk lain seperti sate ayam, udang goreng telur asin atau sup jagung kepiting. Sedangkan untuk sayurnya, tersedia tumis kangkung, tauge ikan asin, sayur asam juga aneka lalapan segar.

Sembari menunggu datangnya pesanan, pengunjung bisa mengelilingi restoran dan menikmati indahnya pemandangan. Bagi yang suka berfoto, dijamin tempat ini akan memberi kepuasan tersendiri. Terlebih saat datangnya senja, dimana terbenamnya matahari terlihat begitu jelas dan memesona. Sungguh suatu momen yang amat sangat sayang untuk dilewatkan.

Atau bila senja belum datang juga dan pengunjung ingin melihat sesuatu yang berbeda, tontonlah atraksi para koki saat mengolah hidangan. Semua dilakukan di sebuah bangunan kecil dengan kaca bening disekelilingnya sehingga terlihat tembus pandang. Di depan bangunan tersebut, ada tangga menuju tempat yang lebih rendah, dimana koki lain sedang beratraksi mengolah menu bakaran dengan harum yang begitu menggoda.

Lezatnya Bandeng Vannamae

Tanpa perlu memakan waktu lama, berbagai hidangan yang dipesan segera tiba. Sebakul nasi panas siap disantap bersama dengan bandeng bakar, udang goreng telur asin, serta tumis kangkung. Hmm…terbayang sudah lezatnya. Terlebih saat mencium aromanya yang sungguh menggugah selera.

“Bandeng yang kami gunakan sudah pasti fresh sehingga wanginya pun memang berbeda. Selain itu saat membakarnya kami membungkusnya terlebih dahulu dengan daun pisang sehingga bandeng yang dihasilkan aromanya lebih harum dan tidak hangus,” jelas salah satu pelayan yang bertugas.

Ketika disajikan, bandeng ditemani jeruk limau yang siap diguyurkan diatasnya. Ada pula semangkuk kecil sambal sebagai pelengkapnya. Khusus untuk anak-anak, bandeng bisa ditambah dengan baluran kecap manis supaya menambah kelezatannya. Oh ya, jangan pernah bayangkan ikan bandeng yang penuh duri ya. Sebab di Vennamae, bandeng yang digunakan sudah menjalani proses cabut duri.

Kesegaran bandeng yang digunakan Restoran Vennamae ternyata juga bukan omong kosong belaka. Buktinya, daging putih ikan ini terasa manis, lembut sekaligus sedikit kenyal. Aroma tanah yang biasa mengiringi ikan jenis ini juga tidak terasa sedikitpun. Ditambah dengan sambal dan tumis kangkung, masakan yang dihidangkan restoran ini jadi terasa begitu spektakuler. Lengkap sudah kemewahan yang diberikan, pemandangan indah sekaligus kelezatan yang tiada tara.

LATEST TOP NEWS