Kuliner

Pizza Tungku dari Cimahi

Wednesday, 30 December 2015

Di luar pusat kota Cimahi, ada kejutan rasa dan suasana. Mulai dari pizza tungku, nasi bakar, hingga suasana kafe yang menyenangkan.

Cimahi ternyata punya tempat makan yang patut dikunjungi. Coffee n’ Friend namanya. Berlokasi di jalan Encep Kartawiria No 165/47, kafe ini tidak hanya menawarkan menu-menu unik dan lezat, tetapi juga suasana menyenangkan yang tercermin dari interior dan konsep ruangannya.

Bangunan Coffe n’ Friend terdiri dari tiga lantai. Begitu masuk lantai pertama, tampak beberapa bangku berjajar di salah satu sisi tembok, sedangkan sisi lainnya menunjukkan dapur terbuka. Di bagian depan terdapat kaca yang memperlihatkan open tanah liat dengan bakaran arang untuk memanggang pizza. Ya, kafe ini memang terkenal dengan menu pizza tungku yang khas. “Kami mengikuti cara bakar tradisional Italia, tetapi dengan cita rasa Indonesia,” papar Anne Kania dan Ketut Bagiana, pemilik kafe.

Sementara lantai dua terlihat cukup lapang dengan pilihan furniture simpel yang menyenangkan. Di lantai ini, ada tempat duduk di bagian luar yang dibatasi dengan pintu-pintu kaca berbingkai kayu putih setinggi bangunan lantai dua. Bangku dan meja terbuat dari kayu, memancarkan suasana hangat. Atap di bagian luar terbuat dari kaca bening, sehingga sambil menikmati makanan, pengunjung akan ditemani udara segar dan bisa melihat langit malam. “Kami mencoba membuat sendiri mulai dari interior hingga furniture. Saya merancang, suami saya mewujudkan. Itu sebabnya, biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan jika memesan atau dikerjakan orang lain,” tutur Anne yang juga berprofesi sebagai guru.

Unik & Lezat

Soal makanan dan minuman, jangan ditanya, rasanya juara. Pizza tungku-nya misalnya, lapisan kulitnya terasa renyah.Bentuknya tipis dengan beragam pilihan topping. Benar-benar menu yang harus dicoba. Terlebih pizza di Coffee n’ Friends diolah dengan cara tradisional yang bisa dilihat langsung di bagian depan kafe. Dipanggang di atas open tungku yang didesain berbentuk jamur. “Proses memasak di tempat kami memang bisa dilihat langsung. Saya ingin tamu tahu bahwa kami berkomitmen dengan kebersihan dan kualitas,” terang Anne.

Anne juga mengatakan bahwa selain topping gurih, pizza di Coffee n’ Friends juga tersedia dengan topping manis. Seperti banana blueberry, banana honey, dan banana es krim. Coba juga menu nasi bakar yang disajikan di dalam mangkuk dengan balutan anyaman rotan. Rasanya sungguh menggoda, perpaduan tradisional dan modern.

Dari semua menu yang ada, satu paling jempolan, rasa saus racikan Anne dengan rasa lada hitam. Nikmat dipadu dengan menu apa pun. “Itu saus racikan sendiri. Awalnya hanya coba-coba hingga mendapatkan rasa yang menurut kami pas. Syukurlah jika akhirnya disukai pengunjung,” ujar Anne.

Sementara untuk minuman juga tak kalah beragam. Ada espresso, latte, hingga aneka milk shake. Soal cita rasa kopi, Anne tidak kalah serius. Dia belajar kopi di mana pun ada kesempatan. Hasilnya, cobalah cicipi cita rasa kopi di Coffee n’ Friends. Ramuannya terasa pas, apalagi Anne menggunakan kopi murni. Bahan pendamping seperti susu pun dipilih yang terbaik.

Pasangan suami isteri itu punya mimpi, menjadikan kopi Indonesia dikenal di dunia. Itu berarti, kata Anne, harus dimulai dari bangsa sendiri. Jadilah kafe yang dia kelola mengemban misi menyuguhkan kopi dengan edukasi. Siapa pun yang tertarik bisa bertanya tentang kopi. Keseriusan Anne dan suami dalam mengelola kafe, membuahkan banyak hasil. Coffee n’s Friend menjadi tempat makan yang digemari. Makanannya enak, suasana nyaman, dan harga pun terjangkau.

LATEST TOP NEWS