Kuliner

Kuliner Sekaligus Rekreasi Di Batavia Sunda Kelapa Marina

Tuesday, 26 June 2018

“Ingin mencari tempat kuliner asyik yang juga bisa dijadikan alternatif rekreasi anak di akhir pekan? Ada kok. Datang saja ke Batavia Sunda Kelapa Marina.”

Akhir pekan mau kemana? Jika tak ada acara, cobalah ajak si kecil ke Batavia Sunda Kelapa Marina di Jalan Baruna Raya No 9, Jakarta Utara. Tempat makan berhalaman luas itu lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Dan sebelum menuju tempat makan, tak ada salahnya melihat-lihat pelabuhan dulu, yang kerap menjadi objek foto para penggemar fotografi.

Puas mengelilingi pelabuhan, saatnya mengisi perut di Batavia Sunda Kelapa Marina. Tempatnya terlihat sangat menyenangkan, sekilas mirip bangunan tua bergaya Belanda yang megah. Sesuai namanya, restoran ini terletak di tepi pelabuhan Sunda Kelapa yang menjadi tempat sandar kapal Quicksilver dan yacht. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang singgah terelbih dahulu ke restoran ini, sebelum akhirnya kembali berlayar.

Di Batavia Sunda Kelapa Marina, anak-anak sudah tentu bisa bermain di ruang terbuka yang luas dan menghadap ke pantai. Di samping itu, pengunjung juga bisa duduk menikmati pagi atau senja sembari menyantap makanan. Atau bila kepanasan, masuklan ke bagian dalam ruangan yang interiornya menyuguhkan ciri khas berbagai bangsa seperti Belanda, Portugis, Arab, hingga China.

Restoran & Museum

Batavia Sunda Kelapa Marina sebenarnya dibangun tahun 2000 dan selesai sekitar 2007. Meski tergolong baru,  bangunan bergaya Eropa dengan langit-langit tinggi itu layaknya bangunan dari zaman kolonial. Maklum, selain karena gaya arsitekturnya, sebagian besar kayu yang digunakan untuk bangunan tersebut memang sudah berusia sangat tua.

Restoran unik itu sendiri terdiri dari lima lantai. Lantai dasar menjadi tempat utama para tamu menikmati makanan. Desainnya didominasi kayu, salah satu sisi bangunan langsung menghadap pelabuhan. Ada juga beberapa ruang pribadi yang mampu menampung 8 hingga 20 tamu. Di lantai itu juga ada bar dan satu meja biliar yang menjadi favorit tamu. Di akhir pekan, tampak tamu keluarga makan dan bermain biliar bersama anak-anak mereka.

Di lantai dua terbentang ruangan luas yang rencananya akan menjadi museum berisi replika kapal dari seluruh dunia dan juga replika lukisan-lukisan bersejarah terkait kemaritiman dan Pangeran Fatahillah.

Lantai berikutnya ballroom untuk acara resmi, dan lantai teratas di desain mirip ruangan luas di dalam kapal. Di bagian berandanya terbentang pemandangan menarik : kesibukan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Oh ya, bagi yang suka berfoto ria, restoran ini di setiap sudutnya menawarkan objek foto yang menyenangkan sekaligus instagramable lho. Tidak mengherankan jika kerap dijadikan tempat foto prewedding dan pelaksanaan pesta pernikahan.

Makanan

Untuk menu  makanan, Batavia Sunda Kelapa Marina menawarkan berbagai masakan western, Indonesia, dan Chinese. Mulai dari sate, pasta, pizza, fish and chip, capcay, ayam goreng saus padang, hingga jamur goreng. Rata-rata memiliki rasa yang lumayan dan disukai anak-anak.

Selain itu, tersedia juga menu ala carte, dan beberapa paket menarik. Di antaranya Family Package seharga Rp432.000 nett untuk 6 orang, Rp654.000 untuk 10 orang, dan sebagainya. Dengan variasi menu dan tempat seperti itu, Batavia Sunda Kelapa Marina tidak hanya cocok dijadikan tempat makan bersama keluarga. Tapi juga pas untuk reuni, pernikahan, dan beragam acara lainnya.

LATEST TOP NEWS