Kuliner

De’Leuit (Ketika Kelezatan Berpadu Dengan Kenyamanan)

Monday, 25 May 2015

Ingin merasakan wisata kuliner yang sempurna? Datang saja ke De’ Leuit. Disana ada banyak masakan lezat yang disajikan di tempat nyaman dan terbuka.

Bagi pecinta kuliner, masakan lezat atau unik sudah pasti menjadi nilai utama saat akan pergi memburunya. Lain halnya bila kegiatan berburu makanan itu dilakukan sembari memboyong seluruh anggota keluarga, termasuk si kecil. Selain masakan yang lezat, tempat yang bersih dan nyaman sudah pasti dijadikan salah satu pertimbangan. Ya, Anda tentu tidak mau terganggu bukan saat sedang enak-enaknya menikmati hidangan, kemudian si kecil rewel karena merasa tidak nyaman dengan suasana atau kondisi restoran yang dikunjunginya. Karena itu, jangan sampai salah pilih tempat makan.

Adalah De’ Leuit (baca : De’ Leyit), sebuah restoran keluarga yang terletak di Jalan Pakuan No. 3, Bogor. Di restoran ini, dijamin Anda bisa menikmati berbagai sajian khas sunda dan oriental yang lezat tanpa perlu takut terganggu kerewelan si kecil. Pasalnya, restoran yang mulai beroperasi sejak tahun 2008 ini menyediakan playground yang cukup luas sehingga anak-anak bisa bermain sampai puas sembari menunggu datangnya makanan.

De Leuit itu sendiri artinya lumbung padi. Di bangun di atas lahan seluas 2.000 meter, restoran ini memiliki 12 saung serta satu gedung utama dengan dua lantai yang dapat memuat 500 pengunjung. Secara umum, suasana dan interiornya mencerminkan bangunan khas Jawa Barat, tetapi dengan penampakan yang lebih modern.

Dari Nasi Jambal Sampai Kelapa Glodok

Sesuai dengan tagline-nya, “Sensasi Nasi Jambal”, makanan andalan dari De’ Leuit adalah Nasi Jambal yaitu nasi yang sudah dibumbui santan dan aneka rempah serta dilengkapi dengan potongan kecil ikan jambal. Rasanya gurih dan lezat. Sebagai temannya, nasi jambal disajikan bersama sepotong tahu goreng, bakwan jagung, sayur oncom, lalap dan sambal. Sementara untuk lauknya, pengunjung bisa memilih sesuai selera. Ada ayam goreng yang rasanya asin gurih, empal dengan citarasa manis gurih atau ikan balita yang renyah.

Selain nasi jambal, tersedia pula berbagai masakan khas sunda lainnya seperti Nasi Timbel Kasohor, Nasi Rames Kahoyong, Karedok, dan lain sebagainya. Atau bila ingin menikmati masakan oriental, De’ Leuit menyediakan Gurame De’ Leuit, Lindung Crispy, Gurame Tim Saus Sambal, Kerang Ijo Lada Hitam dan masih banyak lagi.

Khusus untuk Gurame De’ Leuit, ternyata termasuk menu andalan. Dalam penyajiannya, daging gurame yang sudah dibumbui digoreng dan disiram saus thailand. Kemudian diatasnya dilengkapi dengan daun ketumbar, irisan bunga kecombrang serta mangga muda yang dipotong memanjang seperti batang korek api. Rasanya, hmmm…manis asam pedas asin yang sungguh menggugah selera.

Untuk minuman, pengunjung bisa menjajal bir kocok. Jangan salah paham dulu. Meski menggunakan nama bir, minuman ini dipastikan tidak mengandung alkohol, melainkan terbuat dari campuran jahe merah dan gula merah yang disajikan dingin.

Atau bila ingin minum sekaligus menjadikannya pencuci mulut, bisa juga memesan Es Pala atau Es Kelapa Glodok yaitu jus kelapa muda dengan gula merah yang dilengkapi dengan es krim vanilla. Rasanya legit, aromanya pun harum khas gula merah.

Mengenai harga, makanan dan minuman di De’ Leuit tergolong terjangkau. Untuk Nasi Jambal misalnya, De’ Leuit hanya mematok harga Rp 36 ribu per porsinya. Sementara untuk Gurame De’ Leuit yang bisa dinikmati 3 sampai dengan 4 orang, harganya Rp 92 ribu. Sedangkan harga minuman kisarannya Rp 3 ribu sampai Rp 28 ribu. Murah bukan? Masakan lezat, tempat nyaman ditambah harga yang terjangkau membuat De’ Leuit layak dijadikan salah satu destinasi kuliner di Kota Bogor.

LATEST TOP NEWS