Kehamilan

Benarkah Nangka untuk Ibu Hamil Sebabkan Keguguran?

Monday, 22 February 2016

Mitos yang menyebut jika makan nangka saat hamil bisa menyebabkan janin keguguran, beredar semakin luas di masyarakat. Adanya mitos tersebut tentu membuat para ibu hamil menjadi takut untuk makan buah yang berkerabat dekat dengan cempedak ini. Ketakutan yang berlebihan tentu tidaklah baik. Nah, berikut ini penjelasan terkait mitos bahaya nangka untuk ibu hamil yang dirangkum dari beberapa sumber pustaka.

Nangka ternyata golongan buah yang mengandung banyak zat gizi bermanfaat bagi kehamilan. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, Tiamin, Asam Folat, Riboflavin, Niasin, gula sederhana, dan beberapa mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi,dll.

Nah, dari kandungannya itu, dapat disimpulkan bahwa makan nangka untuk ibu hamil adalah sesuatu yang diperbolehkan, dan bahkan dapat memberikan banyak manfaat.

Apa saja manfaatnya?

 

1. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Buah nangka memiliki serat tinggi yang bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi masalah susah buang air besar pada ibu hamil,yang terjadi akibat perubahan hormonal dalam sistem pencernaan.

2. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium dalam buah nangka cukup tinggi. Ini tentu berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil yang memang tergolong cukup tinggi. Selain itu, mineral magnesium dan kaliumnya juga berperan dalam membantu penyerapan zat kalsium oleh tubuh.

3. Sebagai Antioksidan Alami

Kandungan vitamin C yang terdapat di buah nangka adalah salah satu bahan antioksidan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit dan kelesuan. Ini juga berperan sebagai tameng kekebalan tubuh yang dapat menghindarkan ibu hamil dari serangan berbagai jenis penyakit.

4. Sumber Energi yang Baik

Nangka mengandung sukrosa dan fruktosa, gula yang mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, buah ini kemudian dianggap aman dikonsumsi sebagai sumber energi bagi para penderita diabetes gestasional atau kelebihan berat badan (obesitas selama kehamilan).

Nah, itulah pembahasan terkait boleh tidaknya mengkonsumsi buah nangka bagi ibu hamil. Jadi, kesimpulan dari informasi di atas buah nangka aman dan justru bermanfaat bagi kehamilan ,selama tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Karena sesuatu yang berlebihan bisa jadi bumerang terhadap kesehatan kita sendiri. Jadi untuk mendapatkan kebaikan, berkonsultasi mengenai hal ini pada dokter tentu adalah tindakan yang sangat dianjurkan.

*Artikel ini diambil dari berbagai sumber
Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Berbahayakah Makan Cokelat Bagi Ibu Hamil?

dr martina _pkr mnjawab

dr. Martina Claudia

SpOG

LATEST TOP NEWS