Kehamilan

MITOS DAN FAKTA JENIS KELAMIN BAYI

Tuesday, 9 August 2016

Banyak orangtua senang menebak-nebak jenis kelamin calon bayinya. Tak heran jika akhirnya berkembang aneka mitos. Bagaimana faktanya? 

Sejatinya, di zaman modern seperti sekarang ini tentu sangat mudah untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Cukup datang ke dokter kandungan, lalu periksa USG, maka dalam seketika akan diketahui jenis kelamin sang calon bayi. Apalagi sekarang sudah ada teknologi USG tiga dimensi, yang lebih jelas hasilnya. Bahkan dengan USG 3 D terlihat juga anatomi dan gerakan bayi di dalam perut.

Namun sayangnya, untuk mengetahui jenis kelamin bayi lewat USG diperlukan kesabaran hingga kandungan mencapai usia tertentu. Agar tidak semakin penasaran, maka tak sedikit yang kembali ke cara tradisional untuk mengetahui jenis kelamin si bayi yang masih dalam kandungan. Tapi ingat, sebagian besar hanya merupakan mitos. Meskipun demikian, ada pula mitos yang telah terbukti kebenarannya secara ilmiah.

Di Nusantara, banyak mitos yang beredar. Misalnya, ada anggapan jika mengandung bayi laki-laki maka bentuk perut akan membulat seperti bola basket. Ada pula mitos cincin nikah berputar. Yakni, menggantung cincin itu di atas perut. Jika janin di dalam perut laki-laki, maka cincin itu akan bergerak memutar.

Banyak pula ibu hamil yang percaya bahwa jika muncul area hitam di sekitar puting susu, maka bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki. Tak sedikit juga yang percaya bahwa jika perut condong ke bawah, maka si jabang bayi pasti adalah laki-laki. Berikut aneka mitos dan faktanya yang banyak beredar di masyarakat.

 1. Mual dan Muntah (morning sickness)

Mitos: Mual dan muntah memang hal biasa yang terjadi saat hamil. Tapi jika tidak terlalu parah, berarti bayinya laki-laki.

Fakta: Penelitian di Swedia pada 1987 hingga 1995 membenarkan mitos ini. Sebab, kandungan bayi laki-laki dan perempuan menimbulkan perbedaan hormon yang dihasilkan.

2. Warna Urine Ibu

Mitos : Urine berwarna terang berarti jenis kelamin bayi adalah laki-laki. Sebaliknya bila berwarna gelap adalah perempuan

Fakta : Tidak ada hubungan antara warna urine dengan jenis kelamin bayi. Warna urine berhubungan dengan apa yang diasup oleh ibu selama masa kehamilan serta tingkat kecukupan air yang masuk

3. Wajah Terlihat Kusam

Mitos : Wajah yang terlihat kusam selama masa kehamilan menandakan bayi yang dikandung adalah laki-laki. Sementara bila terlihat cerah dan senang berdandan, artinya bayi perempuan.

Fakta : Tidak ada kaitan antara wajah dengan jenis kelamin bayi yang dikandung. Akibat perubahan hormon selama masa kehamilan, maka wajah wanita hamil memang bisa terlihat lebih kusam atau bahkan lebih cerah.

4. Detak Jantung

Mitos:  Bayi laki-laki biasanya memiliki denyut kurang dari 140 detik per menit.

Fakta:  Penelitan membuktikan denyut jantung bayi perempuan cenderung lebih tinggi. Namun perbedaan ini hanya bisa dipastikan setelah bayi lahir.

5. Suhu di Telapak Kaki

Mitos: Ibu hamil yang sering merasakan telapak kakinya lebih dingin, seperti es, maka bayi yang dikandung laki-laki.

Fakta: Penelitian oleh Dr. Alexander Nachnamen dari Jerman membuktikan bahwa ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki sering mengalami gangguan peredaran darah sehingga telapak kakinya terasa dingin saat diraba.

6. Ukuran Payudara Berbeda

Mitos: Jika mengandung bayi laki-laki, ukuran payudara sebelah kanan lebih besar. Jika payudara kiri lebih besar, maka bayi yang dikandung perempuan.

Fakta: Tidak ada bukti perbedaan ukuran payudara berkaitan dengan jenis kelamin bayi yang dikandung. Namun, memang benar bahwa payudara akan membesar karena terjadi perubahan hormonal dan produksi air susu meningkat.

7. Rasa Saat Mengidam

Mitos: Mengandung bayi laki-laki sering ngidam makanan yang berasa asin.

Fakta: Jika tubuh sedang kebanyakan garam, maka ibu hamil akan cenderung ngidam makanan asin. Namun, tidak ada penelitian yang membuktikan mitos bahwa ngidam makanan asin berarti mengandung bayi laki-laki.

*Dari berbagai sumber

Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Berbahayakah Makan Cokelat Bagi Ibu Hamil?

dr martina _pkr mnjawab

dr. Martina Claudia

SpOG

LATEST TOP NEWS