Kehamilan

Apa itu Morning Sickness? dan Bagaimana cara Mengatasinya?

Saturday, 12 March 2016

Morning sickness atau mual dan muntah adalah keadaan yang ibu hamil rasakan dan ini terjadi pada 3 bulan awal kehamilan (trimester pertama).

Setiap wanita hamil akan mengalami rasa mual yang berbeda. Beberapa diantaranya mungkin sama sekali tidak merasakan mual, dan beberapa diantaranya mungkin dalam keadaan mual yang sangat parah sehingga harus merasa mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum).

Tetapi Bunda tidak perlu khawatir, hal ini menjadi bagian dari perjalanan Bunda menjalani masa kehamilan. Tentunya dapat Bunda atasi dengan melakukan beberapa cara berikut :

1. Makan dalam jumlah sedikit namun sering

Hindari makan dalam jumlah atau porsi besar karena hanya akan membuat Bunda bertambah mual. Cobalah untuk makan ketika Bunda merasa lapar tetapi dalam porsi kecil tapi sering.

2. Karbohidrat dan Protein

Makan makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat dan protein seperti roti, kentang, biskuit, dan lainnya dapat membantu Bunda mengatasi rasa mual. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran.

3. Duduk sejenak saat bangun pagi

Saat bangun pagi, cobalah untuk duduk beberapa menit dan secara perlahan berdiri dari tempat tidur Bunda. Jika Bunda merasa mual, kunyah snack atau biscuit yang sudah Bunda siapkan di dekat tempat tidur sebelum Bunda mencoba lagi untuk berdiri.

4. Perhatikan jenis makanan Bunda

Untuk para ibu hamil yang mengalami mual atau morning sickness, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak, berminyak dan pedas karena akan memperburuk rasa mual Bunda.

5. Air Putih

Tidak hanya baik untuk kesehatan, air mineral juga sangat baik untuk mengatasi rasa mual atau morning sickness.

Minum air yang cukup akan menghindarkan Bunda dari dehidrasi akibat muntah. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.

6. Vitamin

Beberapa jenis vitamin kehamilan kadang-kadang hanya akan memperburuk rasa mual, tetapi Bunda memerlukan asupan folat selama masa kehamilan.

Jika mual dan muntah menjadi sangat parah, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan vitamin terbaik untuk Bunda konsumsi.

Vitamin B6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Tetapi ingat, tetap lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

7. Jahe

Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan mual dan aman untuk ibu dan bayi.

Beberapa wanita hamil yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe cenderung akan mengalami muntah lebih jarang dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

8. Istirahat dan Rileks

Hal ini akan membantu Bunda mengatasi rasa mual dan muntah. Gunakan waktu Bunda untuk istirahat dan bersantai yang cukup seperti mendengarkan musik, membaca buku atau majalah bayi favorit Bunda, dan banyak lagi.

Menikmati masa kehamilan Bunda dengan bahagia akan membuat Bunda melupakan rasa mual dan muntah.

*dari berbagai sumber

LATEST TOP NEWS