Edukasi

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Anak Tidak Mau Tidur Siang?

Tuesday, 8 March 2016

Pada saat tidur siang tubuh melepaskan hormon pertumbuhan ( growth hormone ) yang memungkin kan agar anak berpeluang bertambah tinggi, berpengaruh pada pertumbuhan otot, tulang dan kulit .Jadi anak yang kurang tidur siang pertumbuhan tinggi badannya tidak dapat mencapai puncak optimalnya.

Jika tidak cukup tidur, anak akan kekurangan jumlah sel darah putih sehingga menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, cepat lelah, cepat sakit, pertumbuhan terganggu, tidak bisa konsentrasi penuh dan tidak sigap dalam hal mengerjakan sesuatu.

Nah, penting bagi Ayah Bunda untuk tau bagaimana caranya mengatasi anak yang susah tidur siang.

Yuk sekarang kita bahas tips mengatasi anak yang susah tidur siang.

1. Yang pertama sekali harus diperhatikan, jika di kamar tidur penuh dengan elektronik, seperti tv, komputer, lampu duduk, usahakan semua nya dimatikan, berikan suasana yang senyaman mungkin, setenang mungkin agar anak tidak terpengaruh bunyi-bunyian atau sinar lampu yang sangat terang, karena semua itu akan mengacaukan fikirannya. Jika ada, pasang ac atau kipas angin yang akan menyegarkan ruangan tidur nya.

2. Anak-anak sangat cepat sekali menerima apa yang kita ucapkan, baik itu kata-kata nasehat, bahkan kata-kata buruk, nah untuk mengatasi anak susah tidur siang ini, kita harus menceritakan dengan bahasa yang mudah dimengerti, semua manfaat tidur siang.

3. Jika anak masih berusia 1-3 tahun, tidur masih minta di gendong atau dikeloni, lakukan saja beberapa kali, tapi jangan keterusan ya, karena bisa membuat anak jadi ketergantungan, usahakan alihkan dengan memberinya mainan kesayangannya untuk menemaninya dia tidur. Atau ceritakan sebuah dongeng dengan suara yang lembut seperti bersenandung.

4. Menjadi ibu yang sabar, jika anak selalu bangkit dan berusaha keluar atau bermain, ibu harus sabar membawanya kembali ke tempat tidur walaupun harus dilakukan berulang kali sampai ibu berhasil membawa anak tidur siang.

5. Bicaralah dengan bawah sadar anak, yaitu dalam hati, ibu berbicara sambil mengelus dahi dan kepala nya,  sebutkan nama lengkap anak dan perintahkan dengan lembut agar anak mengantuk dan terlelap tidur. Dan harus diingat, ibu harus bicara dalam hati ya, atau dengan suara yang sangat lirih.

Selain itu, Dr. Endah Citraresmi, SpA, dokter anak, punya saran untuk orang tua yang memiliki anak yang sering susah tidur. “Jangan berjalan jingkat atau sengaja memelankan suara di sekitar bayi yang sedang tidur. Ia harus belajar tidur di tengah keramaian yang sewajarnya.”

*dari berbagai sumber

LATEST TOP NEWS