Edukasi

5 Manfaat Wisata Alam Untuk Sang Buah Hati

Wednesday, 17 February 2016

” Apa yang sering Anda lakukan bersama sang buah hati saat menghabiskan waktu libur akhir pekan? Mengajaknya bermain di mall atau hanya melakuan aktivitas lainnya bersama sang buah hati di rumah? Atau mengajak sang buah hati melakukan wisata kuliner dan bermain di theme park? “

Apapun yang Anda lakukan bersama sang buah hati saat menghabiskan waktu libur adalah hal yang menyenangkan. Entah itu hanya berbelanja bersama dengan sang buah hati di mall atau hanya sekedar berjalan-jalan saja di mall, itu sah-sah saja. Namun, pernahkah Anda mengajak sang buah hati berwisata alam?

Tahukah Anda, bahwa berwisata alam memberikan banyak manfaaat untuk sang buah hati. Khususnya dalam perkembangan mental sang buah hati. Berikut ini adalah manfaat dari berwisata alam untuk sang buah hati.

1. Melatih Komunikasi

Dengan mengajak sang buah hati berwisata alam, secara tidak langsung Anda melatih kemampuan komunikasi sang buah hati. Dengan melakukan wisata alam, sang buah hati bisa berhubungan dengan orang baru di luar kehidupan sehari-hari. Sehingga membuat sang buah hati menjadi lebih berani untuk berkomunikasi dengan orang baru, dan mengetahui bahwa di luar sana banyak orang yang hidup dengan budaya, bahasa dan karakter yang berbeda.

2. Mendekatkan secara Emosional

Salah satu cara untuk mendekatkan emosional adalah dengan liburan bersama, terlebih dengan melakukan wisata alam. Saat berwisata alam, Anda dapat mencoba sedikit bermain dengan sang buah hati, seperti mendayung, mendaki gunung, snorkeling bersama atau bermain-main lainnya. Secara psikologis, hal ini bisa membuat Anda lebih dekat dengan sang buah hati.

3. Belajar Tanggung Jawab

Sebelum berwisata alam, biarkan sang buah hati mempersiapkan perlengkapan liburannya sendiri. Biasanya, anak-anak cenderung lebih aktif menyiapkan kebutuhan mereka saat akan berwisata alam. Dalam hal ini, Anda akan mengetahui tanggung jawab mereka, khususnya untuk diri mereka sendiri.

4. Belajar Kehidupan

Berwisata alam, berarti sang buah hati akan terjun langsung ke lingkungan sekitar. Banyak hal yang dapat mereka pelajari di sini, seperti belajar survive, mereka akan menyadari bahwa kita hidup membutuhkan bantuan orang lain.

5. Pengalaman Lebih Nyata

Satu lagi, dengan berwisata alam, anak Anda akan mempelajari langsung dan mengeksplorasi hal-hal langsung dari alamnya. Mereka akan tahu perbedaan lingkungan misalnya panas di pantai, dingin di pegunungan, sejuk di pedesaan. Anak-anak akan merasakan sensasi alam dan isinya langsung dengan inderanya.

Jadi wajib bagi Anda sebelum memutuskan untuk berwisata alam dan jangan lupa sepulang dari liburan, tanyakan pada anak Anda kesan-kesan selama liburan. Biarkan anak Anda bercerita sesuai pengalaman yang dialami.

*Artikel ini diambil dari berbagai sumber

LATEST TOP NEWS