Edukasi

5 Manfaat Origami Untuk Anak

Thursday, 18 February 2016

Sudah pernah mengajak si kecil bermain origami? Yuk, ajak si kecil bermain dan berkenalan dengan origami.

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Tentu, permainan melipat kertas ini pasti sangat disukai oleh anak-anak, karena kertas yang mereka lipat bisa berbentuk macam-macam, seperti bentuk hewan, tumbuhan, tokoh kartun, ataupun benda-benda lainnya.

Tahukah bunda, jika origami ini tidak hanya sekedar permainan saja, tetapi origami juga mempunyai banyak manfaat untuk si kecil. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Belajar Mengikuti Arahan : Ketika si kecil mengikuti langkah demi langkah dalam melipat yang baik, maka sebenarnya si kecil telah belajar bagaimana mengikuti petunjuk dan arahan yang diberikan, baik oleh orangtuanya, gurunya, atau dari contoh gambar origami tersebut.

2. Origami juga membantu meningkatkan kemampuan motorik halus dan koordinasi antara mata dan tangan. Karena kedua tangan dan seluruh otak digunakan dalam membuat origami, peneliti juga menemukan bahwa bagian otak yang mengendalikan kemampuan berbahasa juga terstimulasi.

3. Anak akan semakin akrab dengan konsep-konsep dan istilah-istilah Matematika geometri, karena pada saat bunda atau gurunya menerangkan pembuatan origami, akan sering menggunakan istilah Matematika geometri seperti garis, titik, perpotongan dua buah garis, titik pusat, segitiga, dll.

4. Belajar berkreativitas. Begitu banyak model origami yang dapat si kecil pilih sesuai dengan keinginannya. Jika si kecil sudah mulai mahir melipat dan sudah banyak model yang ia buat, ini artinya ia belajar berkreasi dalam menghasilkan sesuatu.

5. Origami sederhana hanya membutuhkan kertas, namun dapat memperkuat ikatan emosi antara ibu dan anak, karena origami menghadirkan aktivitas yang dilakukan bersama-sama.

Sangat menarik bukan permainan origami? Anda dapat mencobanya di rumah dengan si kecil. Permainan origami tidak membutuhkan alat, sehingga tidak melibatkan benda-benda yang dapat membahayakan anak.

*Artikel ini diambil dari berbagai artikel

LATEST TOP NEWS