Cantik

SAHABAT KULIT SEHAT

Monday, 20 February 2017

Selain perawatan dan kebersihan, asupan makanan sehari-hari ternyata juga punya peranan penting dalam menciptakan kulit yang indah. Kira-kira, jenis makanan apa saja yang termasuk di dalamnya?

Kulit cantik, sehat, indah berseri sudah pasti dambaan setiap orang. Itu sebabnya, banyak yang tak segan mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan kulitnya. Padahal, perawatan saja tidak cukup. Sebab, aneka makanan bergizi yang mengandung berbagai macam vitamin dan mineral juga memegang peranan penting bagi kesehatan kulit. Yuk, simak makanan apa saja yang bisa dijadikan sahabat kulit Anda.

  1. ANGGUR

Buah anggur sarat manfaat karena kaya akan anti oksidan dan asam lemak esensial yang dapat membantu kulit tampak lebih bersih dan sehat. Anggur juga mengandung anthocyanins yang dapat membantu proses pembentukan kolagen dalam tubuh

  1. Bayam, brokoli, dan wortel.

Ketiga jenis sayur ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain baik untuk mata, Vitamin A juga terbukti dapat membantu regenerasi kulit.

Menurut sejumlah ilmuwan dari St. Andrews dan Bristol University, mereka yang gemar mengkonsumsi wortel cenderung memiliki warna kulit lebih menarik dan sehat. Hal ini dapat terjadi karena wortel memiliki kandungan pigmen yang disebut karotenoid yaitu salah satu zat yang dapat digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan kulit. Sementara brokoli mengandung sulforaphane, yaitu zat antioksidan yang mampu menjauhkan kita dari penyakit kanker kulit.

  1. Gandum utuh

Produk yang mengandung gandum utuh dapat dengan mudah ditemui di pasaran. Sebut saja roti, oatmeal instan atau sereal. Semuanya baik untuk dikonsumsi karena selain mengandung serat yang tinggi, produk gandum utuh juga mengandung selenium yang dapat membantu sel memperbaiki regenerasi kulit.

Jika Anda memilih sereal gandum, pilih yang tidak mengandung gula atau sedikit gula. Karena terlalu banyak gula juga bisa memicu timbulnya jerawat.

  1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C sehingga bisa menjadi makanan mujarab yang dapat membantu peremajaan kulit. Campur lemon dengan air putih dan konsumsi setiap pagi dan malam. Niscaya badan sehat, kulit pun akan terlihat lebih berseri

  1. Tomat

Tomat kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Berdasarkan faktanya, tomat merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, dan fosfor. Bagi yang ingin mendapatkan kulit tubuh serta kulit wajah yang sehat, tomat menjadi buah yang wajib dikonsumsi. Ini dikarenakan tomat juga merupakan sumber likopen yang berfungsi mencegah kerusakan jaringan kulit akibat paparan sinar matahari.

  1. Strawberry

Strawberry banyak mengandung asam salisilat yang dipercaya mampu menghaluskan sekaligus mengencangkan kulit. Dengan kandungan asam salisilat yang tinggi, strawberry juga ampuh dijadikan obat jerawat.

Selain itu, buah mungil berwarna merah tersebut juga memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi daripada jeruk. Seperti yang kita ketahui, vitamin C adalah kunci produksi maksimal dari kolagen. Dengan meningkatnya produksi kolagen dalam tubuh, otomatis penuaan dini dapat segera di cegah.

  1. Mangga

Kandungan vitamin A dan zat anti oksidan pada buah mangga bermanfaat untuk regenerasi kulit, dan menghambat penuaan dini serta menjadikan kulit anda tetap elastis.

  1. Teh Hijau

Teh hijau sangat terkenal manfaatnya bagi kesehatan kulit. Maklum, jenis teh yangsatu ini mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal efek buruk radikal bebas bagi kesehatan kulit.

  1. Alpukat

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada alpukat baik untuk menjaga kelembaban, dan memberi asupan nutrisi serta menghaluskan kulit wajah.

  1. susu rendah lemak

Jika Anda tidak memiliki masalah jerawat, mengkonsumsi susu rendah lemak baik untuk memberi nutrisi kulit. Kalsium yang terkandung pada susu dapat menunjang kesehatan tubuh dan kulit.

LATEST TOP NEWS