Cantik

Kenali Pentingnya Menjaga Kebersihan Alat Make up

Monday, 7 August 2017

Ingin kulit wajah sehat berseri? Rajin-rajinlah membersihkan peralatan make up setelah digunakan.

Bagi sebagian besar wanita, riasan wajah atau make up memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi. Maklum, lewat make up, wanita jadi bisa tampil lebih segar dan percaya diri. Namun, make up juga bisa menjadi bumerang bila dibiarkan terlalu lama di wajah. Alih-alih terlihat cantik, gara-gara make up, kulit wajah malah bisa jadi jerawatan.

Itu sebabnya, membersihkan wajah dan mencuci muka setelah seharian menggunakan make up wajib hukumnya. Di samping itu, kebersihan peralatan make up sehabis digunakan juga harus turut  diperhatikan. Sebab, bila peralatan make up seperti spons atau kuas jarang dibersihkan, maka tentu dapat menimbulkan masalah tersendiri.

Jerawatan Sampai Kerutan Dini

Umumnya, alat make up tidak disertai dengan pelindung atau wadah khusus untuk menyimpannya. Sehingga kita biasanya meletakkannya secara berjejal di tas make up atau wadah terbuka. Tak jarang kita juga menaruhnya secara sembarangan di meja rias setalah digunakan.

Fakta membuktikan bahwa peralatan make up yang telah digunakan dapat menjadi “sarang” dari  sisa produk, kulit mati, minyak wajah, bahkan kotoran dari wajah. Selain itu, penyimpanan yang tidak higienis menyebabkan alat make up juga menyimpan partikel-partikel debu dari udara. Kondisi tersebut tentu menjadikan alat make up yang kita miliki sebagai tempat tinggal yang sempurna bagi bakteri.  Mengerikan bukan?

Karenanya, peralatan make up juga wajib dibersihkan setelah digunakan. Sebab jika tidak dibersihkan, maka tak menutup kemungkinan bakteri di alat make up akan bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Akibatnya kulit wajah menjadi iritasi dan pori-porinya pun tersumbat serta menimbulkan jerawat. Bahkan, jika peralatan make up yang kotor tersebut digunakan dalam jangka waktu panjang, maka bisa menyumbang terjadinya kerutan dini lho.

Di samping itu, malas membersihkan alat make up juga akan berdampak buruk pada alat make up itu sendiri. Seperti pada kuas misalnya, bulu-bulunya akan cepat merenggang, rusak, dan rontok. Sisa produk yang tidak dibersihkan dari alat make up biasanya juga akan membuat lengket sampai menggumpal. Sehingga penggunaan alat make up sebagai alat bantu mengaplikasikan produk tidak berfungsi secara maksimal bahkan dapat mengubah warna produk. Misalnya saja spons yang kotor membuat foundation akan terlihat tidak merata dan tak menempel di kulit.

Kiat Membersihkan Alat Make up

Disarankan membersihkan alat make up minimal sebulan sekali. Apabila menggunakannya setiap hari disertai make up berbahan liquid, maka membersihkannya harus lebih rutin, misal minimal seminggu sekali.

Kuas Makeup

  • Siapkan sabun yang lembut atau sabun khusus untuk kuas make up. • Bilas kuas dengan air mengalir.
  • Letakkan sabun di telapak tangan atau alat pembersih brush.
  • Dengan bagian kepala kuas mengarah ke telapak tangan, lakukan gerakan memutar hingga seluruh bulu terkena sabun.
  • Bilas dengan air mengalir hingga bersih.
  • Jika masih mengeluarkan warna produk makeup, maka ulangi langkah sebelumnya hingga warna air bilasan jernih.
  • Siapkan kain lembut untuk mengeringkan sisa air di sela-sela bulu.
  • Lalu siapkan tempat untuk mengeringkan kuas. Usahakan bagian kepala kuas terletak di bawah untuk menghindari air turun ke bagian gagang kuas.

Spons

  • Siapkan sabun yang lembut atau sabun khusus membersihkan alat make up.
  • Bilas spons dengan air mengalir sambil diperas secara perlahan untuk mengeluarkan sisa produk.
  • Letakkan sabun ditelapak tangan lalu aplikasikan ke spons. Remas perlahan hingga sabun masuk ke dalam spons secara menyeluruh.
  • Bilas dengan air mengalir sambil diremas agar tidak ada sabun yang tersisa di bagian dalam.
  • Ulangi proses mencuci jika masih keluar warna produk dari spons.
  • Jika sudah bersih langkah selanjutnya yaitu remas spons hingga tidak ada air yang menetes dan keringkan ditempat yang bersih.
  • Tunggu hingga kering sebelum dimasukkan ke tempat penyimpanan guna menghindari pertumbuhan jamur.

Penjepit Bulu Mata

Penjepit bulu mata juga perlu dibersihkan secara rutin. Apalagi jika ada banyak bekas mascara yang menempel. Cara membersihkannya mudah, hanya dengan sabun cair dan air hangat atau menggunakan kapas yang diberikan toner pembersih make up.

LATEST TOP NEWS