Cantik

Kenali Manfaat Mencuci Muka Sebelum Tidur

Thursday, 8 December 2016

Jangan pernah lewatkan kebiasaan mencuci muka sebelum tidur. Sebab meski terdengar sepele, kegiatan yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Bagi sebagian orang, kegiatan mencuci muka terutama sebelum tidur merupakan ritual yang sangat mengganggu. Maklum, setelah seharian beraktivitas, tubuh di malam hari biasanya sudah terasa penat. Sehingga keinginan untuk cepat-cepat beristirahat pun terasa lebih mendesak.

Meski demikian, jangan pernah tinggalkan kegiatan mencuci muka. Sebab dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya,  wajah adalah bagian yang paling sering terpapar asap, debu, dan kotoran secara langsung. Karena itu, perlu segera dibersihkan. Terlebih jika ada riasan wajah, kulit tentu akan kesulitan bernapas apabila tidak mendapatkan perawatan.

Malas Cuci Muka = Wajah Kusam dan Berjerawat

Menurut dr. Adit, medical doctor dari SLVR International Clinic, malas membersihkan wajah dapat mengakibatkan kulit menjadi berminyak. Hal ini khususnya terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit normal ataupun yang berminyak. Apabila sudah berminyak, komedo dan jerawat tentu akan gampang timbul. Sementara pada jenis kulit kering, malas mencuci muka dapat mengakibatkan kulit terlihat kusam dan tidak segar karena tertutup banyaknya sel kulit mati.

“Jadi intinya, mencuci muka adalah kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari karena sangat berguna untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi minyak, serta dapat membantu  melembabkan kulit wajah,” terang dr. Adit.

Lebih lanjut, ketika membersihkan wajah, dr Adit juga menyarankan untuk menggunakan sabun khusus wajah secukupnya. Lalu secara merata diusapkan ke seluruh bagian muka. Setelah itu lakukan pijatan ringan, bukan dengan menggosoknya keras-keras.

Kabar baiknya, kegiatan  mencuci wajah ini dapat dilakukan secara singkat dan hanya perlu 2 kali dalam sehari, yakni sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Akan tetapi, kegiatan mencuci muka juga disarankan lebih sering dilakukan apabila mengenakan make up.

“Saya biasanya selalu mengatakan kepada para pasien agar sebisa mungkin jangan membiarkan make up terlalu lama pada wajah. Jadi misalnya, make up digunakan pada pagi hari, maka siang atau sore hari sudah harus segera dibersihkan. Di samping itu, saya juga selalu mengingatkan agar memilih sabun khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan sembarangan, selalu perhatikan kandungannya agar aman,” tambahnya.

Cleansing Milk dan Toner

Lepas dari itu, dr. Adit juga menjelaskan bahwa ketika wanita tidak mengenakan make up sama sekali, mencuci muka dengan air dan sabun khusus wajah sudahlah cukup. Namun, lain halnya jika wanita menggunakan bedak, atau make up yang tebal, maka proses mencuci muka harus diimbangi dengan susu pembersih atau cleansing milk dan toner.

Make up sulit dibersihkan hanya dengan air dan sabun, jadi diperlukan cleansing milk serta toner atau refresher atau astringent. Sebab jika masih ada sisa make up, maka itu dapat menumpuk dan menyumbat kulit wajah. Alhasil, sekali lagi, akan timbulah komedo dan jerawat,” dr. Adit menerangkan.

Lantas, apa sih sebenarnya fungsi dari susu pembersih dan toner ? Berdasarkan jawaban dr. Adit, fungsi susu pembersih adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah timbulnya bakteri. Sementara toner, berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit dan pada kulit normal dapat membuka pori-pori sehingga mempermudah cairan pembersih mengangkat kotoran pada kulit.

TIPS MENCUCI MUKA DENGAN BENAR

Menurut dr Adit, proses mencuci muka memiliki beberapa tahapan. Berikut tahapannya :

  1. Apabila menggunakan make up atau bedak, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu dengan susu pembersih. Usapkan susu pembersih secara merata pada wajah, kemudian bersihkan dengan menggunakan kassa atau kapas.
  2. Cuci muka dengan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak mengandung scrub karena dapat menipiskan kulit dan menimbulkan infeksi dan jerawat. Scrub boleh digunakan minimal seminggu sekali, bukan setiap cuci muka.
  3. Setelah itu, gunakan toner untuk jenis kulit yang normal, astringent untuk kulit yang berminyak, atau refresher untuk kulit yang kering.

LATEST TOP NEWS