Bermain

Wisata Ala Timur-Tengah di Gumuk Pasir Parangtritis

Thursday, 21 April 2016

Di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis terdapat sebuah pemandangan yang unik dan mengesankan yaitu terdapat gurun pasir yang biasanya dijumpai di negara-negara Timur Tengah atau Afrika Utara. Tentu saja ini bukan sembarang gurun pasir karena fenomena alam ini hanya ada di pantai selatan Jogjakarta tepatnya di kawasan wisata Pantai Parangtritis.

Adanya gurun pasir ini tentu saja menjadi magnet bagi para wisatawan karena para wisatawan lokal tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk melihat bukit-bukit berpasir, saat ini cukup datang ke Jogjakarta saja dan pemandangan khas gurun pasir pun bisa dinikmati.

Gumuk atau gundukan bukit pasir merupakan hasil dari fenomena alam selama berabad-abad atau bahkan ribuan tahun.  Aktiviyas Gunung Merapi, Kali Opak, dan Pantai Parangtritis menciptakan sebuah karya yang luar biasa berupa gumuk pasir. Pasir yang ada di sana merupakan material vulkanik Gunung Merapi yang dibawa oleh aliran Sungai Opak hingga sampai di muaranya di laut selatan.

Proses selanjutnya adalah hantaman ombak samudera yang besar dan terus-menerus menyebabkan material vulkanik tersebut mengalami pengerusan dan menjadi butiran pasir yang sangat halus. Butiran pasir kemudian tersapu oleh angin ke daratan dan terciptalah sebuah gurun pasir yang oleh warga setempat dinamai gumuk.

Gurun pasir ini terkenal dengan sebutan Gumuk Pasir Parangtritis. Saat ini, gumuk pasir menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunjung yang awalnya hanya ingin datang ke Pantai Parangtritis atau Pantai Depok.

Mereka berbondong-bondong menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini agar bisa menikmati keunikan dan keindahan salah satu fenomena alam yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara sekalipun.Gumuk pasir yang ada di Parangtritis bahkan telah diakui sebagai world heritage atau warisan dunia oleh PBB. Sehingga popularitas tempat ini pun meningkat sangat pesat dan menjadi destinasi utama saat datang ke Jogjakarta.

Gumuk pasir Parangtitis telah dikelola dengan baik oleh warga setempat dan pemerintah daerah. Kawasan ini telah ditata dan dikembangkan untuk menarik para wisatawan yang datang ke Jogjakarta.

Para penggunjung yang datang tidak hanya berasal dari Jogjakarta saja tetapi banyak warga luar Jogjakarta yang ramai-ramai datang ke lokasi ini untuk menikmati pemandanga yang ada dan tentu saja ber-selfie bersama pasangan atau teman-temannya. Wisatawan yang datang pun bervariasi dari anak muda hingga para orang dewasa.

Daya tarik lainnya adalah para wisatawan bisa merasakan sensasi berseluncur dari atas bukit mengunakan papan seluncur atau terkenal dengan istilah sandboarding. Ada beberapa tempat penyewaan papan seluncur dengan harga yang bervariasi tergantung lamanya durasi. Umumnya para penyuka tantangan akan mencoba aktivitas ekstrim ini dan berusaha untuk menaklukkan bukit pasir yang ada.

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis sangatlah mudah dijangkau sehingga para wisatawan yang tertarik datang ke lokasi ini tidak perlu kuatir. Gumuk pasir berada di timur Pantai Depok atau barat Pantai Parangtritis. Terdapat jalan aspal yang mulus dipinggir gumuk sehingga memudahkan wisatawan menemukan lokasi ini.

LATEST TOP NEWS