check it now

Melalui Gerakan CENTANG, Penggerak Komunitas Ajak Masyarakat Ambil Bagian untuk Menghadapi Corona

Putus rantai Corona melalui gerakan CENTANG !!!

Ratusan komunitas dari berbagai lapisan di Indonesia berkolaborasi mengajak masyarakat melakukan gerakan CENTANG, yaitu Cegah dan Tanggung jawab dengan 3M+3T. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melindungi orang-orang tersayang dari ancaman virus corona.

Sejak laporan kasus pertama pada awal Maret 2020 hingga 22 Oktober, tercatat sudah lebih dari 396.000 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Berbagai upaya telah dikerahkan untuk memutus rantai penyebaran virus oleh pemerintah. Namun, pemerintah tentu tidak dapat bergerak sendiri menghadapi masalah ini, perlu dukungan dan kolaborasi yang nyata dan masif dari seluruh lapisan masyarakat.

“Selama delapan bulan berlangsung, pandemi ini telah mengubah cara hidup masyarakat. Namun, ternyata hingga saat ini ancaman virus masih tetap ada. Oleh karena itu, perlu adanya gerakan bersatu yang dilakukan secara serentak dan inklusif, agar upaya ini bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap pemutusan rantai penyebaran corona,” ujar Dharjami Suradika seorang penggerak komunitas di masyarakat.

CENTANG merupakan gerakan pencegahan dan perilaku bertanggung jawab melalui CEGAH dengan 3M yakni Menggunakan masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan. Sedangkan TANGGUNG JAWAB dengan 3T yakni Testing, Telusuri dan Terapkan isolasi mandiri.

sumber: freepik

“Melalui program CENTANG diharapkan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari bisa dilakukan secara masif dan terus menerus,” ungkap Eugene Panji yang juga seorang penggerak komunitas di masyarakat.

Bertepatan dengan momen Sumpah Pemuda, berbagai komunitas di seluruh Indonesia juga diajak untuk mengakhiri rantai penyebaran corona melalui virtual conference  Gerakan CENTANG yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB.

Dalam kesempatan yang sama Sasa Ratna Puspita, seorang penggerak komunitas di masyarakat juga menegaskan bahwa program CENTANG bukan milik sebagian orang, namun seluruh pemuda dan masyarakat Indonesia.

“Sebab hanya dengan bersama dan bersatu program ini bisa dirasakan dampaknya. Siapapun bisa partisipasi dan berkontribusi. Ada materi-materi yang bisa didownload dan juga bisa dilakukan untuk meneruskan tujuannya lebih kuat lagi. Ayo kita bersatu akhiri Corona!” tutupnya.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.